Pages

Thursday 29 September 2016

Misteri Senyuman Monalisa Terpecahkan!!

Anda pernah melihat Lukisan Monalisa atau pernah mendengar kata Monalisa?

Lukisan Mona Lisa yang dilukis oleh Leonardo da Vinci mungkin adalah lukisan yang paling terkenal sepanjang masa. Dengan senyuman halus dan menawan, lukisan ini telah memuaskan para pecinta seni di seluruh dunia selama 500 tahun lebih.

Lukisan ini kerap kali dipergunakan atau ditampilkan dalam film-film misteri dan film yang bergaya klasik, bahkan tak jarang di dalam sebuah video game pun terdapat lukisan ini, salah satunya adalah pada game Residen Evil 4.
Senyum yang terdapat pada Lukisan Monalisa menarik banyak kalangan terutama para ilmuwan , yang bertanya-tanya apa sebenarnya maksud dari senyumannya itu?
Para peneliti diklaim telah mampu memecahkan salah satu misteri lukisan yang paling abadi dengan memeriksa potret lain dari Renaissance, yaitu La Bella Principessa.
Lalu apa yang mereka temukan?

Mereka menemukan bahwa da Vinci telah melakukan ilusi optik halus dalam lukisannya dengan memadukan warna untuk mengeksploitasi peripheral vision, yaitu suatu teknik yang bisa memberikan bentuk penampilan mulut yang berbeda, tergantung pada bagian mana pengamat berfokus pada lukisan itu.

Pada lukisan La Bella Principessa misalnya, kemiringan mulut terlihat ke bawah bila dilihat secara langsung. Namun, ketika diamati secara tidak langsung, senyuman itu dapat terlihat melebar.
Da Vinci memang sebuah seniman yang hebat, dia mampu menciptakan lukisan-lukisan yang indah dengan keterbatasan peralatan lukis yang ada.

No comments:
Write komentar

Recommended Posts × +