Pages

Thursday 1 September 2016

Hal yang Membuat Malam Jum'at Semakin Mencekam


Malam Jum’at







Siapa sih yang tidak takut dan merinding ketika mendengar kata malam jum’at, apalagi kalau malam jum’at kliwon, orang yang biasanya jalanya santai, tiba-tiba di malam jum’at kliwon mereka jalanya cepet-cepetan. :D
Banyak mitos mengenai keangkeran malam jum’at yang beredar di antara masyarakat, sehingga mereka menganggap bahwa malam itu adalah malamnya mahluk ghaib.. Sereem..
Lalu kenapa sih malam jum’at itu menakutkan, cekidot :


 1. Banyak orang yang ziarah ke makam
        Biasanya pada sore di malam jum’at ada sebagian atau banyak orang yang berziarah ke makam saudara saudaranya yang telah tiada. Setelah pulang dari sana, biasanya ibu-ibu ngerumpi nih tentang hal-hal mistis yang berkaitan sama makam yang baru dikunjunginya, entah dia kesana untuk berziarah atau mengumpulkan bahan untuk gosipnya.

           2.  Memiliki Nilai mistis
      Biasanya aura dimalam jum’at agak sedikit berbeda dari malam-malam biasanya, suasana yang begitu mencekam, salah satu penyebabnya adalah adanya suara-suara mengaji Surat Yasin, yang biasanya di bacakan saat orang meniggal. Nah kan jadi terbawa suasana tuh.
Masyarkat kejawen percaya bahwa malam ini memiliki aura supranatural yang tinggi, sehingga banyak acara salkral yang dilakukan dimalam ini.

3     3. Karena masyarakat itu sendiri
     Biasanya masyarakat itu menakut-nakuti anak kecil agar tidak bermain dimalam hari dengan lelucon bahwa, jangan keluar malam jum’at karena malam ini banyak arwah gentayangan. Iya anak kecil pasti ketakutan, tapi kalo dia sudah besar kan ada yang masih tetap takut dengan ucapan yang mengatakan seperti itu, sehingga mitos-mitos menyebar mengenai malam jum’at.

      4. Tempat yang sepi menjadi angker, dan tempat yang angker menjadi lebih menakutkan
Biasanya pada malam jum’at tempat tempat akan menjadi lebih mencekam, apalagi kalau banyak pohon-pohon besar, dan sepi. Sudah pasti jarang orang yang lewat kesitu.

      5. Ritual-Ritual Pesugihan
      Menurut cerita masyarakat dari mulut kemulut, dan berbagai media, seperti TV, kita sering mendengar bahwa ritual-ritual pesugihan sering dilakukan pada malam ini. Bahkan konon katanya Babi ngepet suka mencari mangsa di malam ini.

Namun menurut islam, hari jum’at itu hari yang istimewa, begitu juga dengan malam jum’at banyak amalan-amalan yang dianjurkan dilaksanakan di hari jum’at :
-          Membaca surat yasin
-          Perbanyak shalawat
-          Shalat malam
-          Dan amalan- amalan lainnya


Itulah beberapa hal yang membuat malam jum’at jadi lebih mencekam..

2 comments:
Write komentar

Recommended Posts × +