Pages

Wednesday 31 August 2016

Misteri Bola Ampu

Sumber: okezone.com, dailymail.com
Ampu, begitulah orang cirebon biasa menyebutnya. Ampu adalah sejenis benda bercahaya yang  menyerupai seperti bintang berekor, atau meteor.

Pada jaman dahulu, tepatnya kala rumah-rumah warga masih belum banyak dan masih terdapat banyak kebun, ataupun daerah seperti hutan banyak orang yang melihatnya.  “Waktu itu kala malam hari saya melihat cahaya yang terang  berbentuk bola, dan bercahaya seperti damar(lampu petromak).” Ujar salah satu tetangga saya, ibu Rus. Konon katanya ampu ini biasanya nampak tidak sendirian, melainkan biasanya ada 3 ampu sekaligus yang muncul secara bergantian, dan apabila ampu ini turun atau jatuhnya di rumah atas genteng rumah, dipercaya bahwa anggota keluarga rumah tersebut ada yang celaka, bahkan meninggal. 

Namun ada kepercayaan lain bahwa jika ampu ini turun atau jatuh di tempat terbuka, maka kita akan menemukan sebuah pusaka tepat ditempat jatuhnya benda tersebut.

Sebuah kepercayaan lagi tentang ampu bahwasanya ampu adalah jin yang dikirim dukun untuk menyantet seseorang. Banyak warga yang percaya dengan spekulasi tersebut. Bukan hal yang aneh jika pada jaman itu banyak yang percaya dengan hal- hal seperti itu, karena mereka tumbuh dan berkembang dilingkungan yang bisa dibilangmasih percaya denganhal-hal supranatural atau ghaib, tapi berbeda dengan jaman sekarang, tentunya jika kita menceritakan hal-hal ini kepada anak-anak jaman sekarang mereka tidak akan percaya dengan cerita ini. Dalam teori supranatural sendiri, itu adalah sebuah bentuk orbs dari mahluk astral, masih belum berwujud seperti mahluk astral yang biasa disebut-sebutkan di Indonesia, seperti kuntilanak, gondoruwo dl l.  Orbs ini sering di bahas pada acara acara televisi tentang misteri, tentunya acaranya ditayangkan pada malam hari.

Penulis sendiri sempat melihat benda tersebut pada dua kali Ramadhan yang berbeda, ya keduanya saya lihat tepat di bulan ramadhan sehabis shalat tarawih, karena pada saat saya masih kelas 2 SD, ada banyak anak-anak yang bermain pada malam hari terutama setelah melaksanakan shalat tarawih, termasuk saya sendiri.
 Penampakan pertama, kala itu saya sedang bermain petak umpet dimalam hari, tiba-tiba sebuah cahaya terang seperti lampu berekor jatuh dari atas ke arah pohon kelapa yang ada di kebun bawah dekat sungai, kami biasa menyebutnya jurang, karena tempat itu lebih rendah dari pada rumah penduduk, dan masih terdapat rumput lebat, dan pohon yang besar-besar. Saat itu saya hanya menontonnya saja, karena waktu itu benar-benar belum mengerti benda apa itu.

Penampakan kedua, sama seperti penampakan pertama hal ini terjadi di bulan ramadhan disaat malam hari, dan dengan kegiatan yang sama, yakni bermain petak umpat, namun kali ini benda ini jatuhnya di daerah yang berbeda, yakni di kebun mangga milik seorang warga, kebun itu di pagari tinggi dengan pagar kayu, sehingga saya tidak bisa melihatnya lebih lama. Namun sekarang peristiwa sperti ini jarang terjadi, karena hampir semua daerah dengan lahan yang kosong sudah didirikan perumahan, mal-mal, dan tempat rekreasi lainnya.

Jika kita bandingkan peristiwa itu dengan ilmu pengetahuan, sepertinya ini dapat disangkal, karena para ilmuan dengan teorinya sudah menjelaskan di banyak buku mengenai benda berekor yang bercahay, yang di sebut metor. Mungkin saat itu memang ada meteor yang jatuh di bumi tapi dalam ukuran yang sangat kecil karena terkikis oleh gesekan atmosfer saat memasuki bumi. Jadi apakah ampu itu jelmaan Mahluk Ghaib(orbs)  apa hanya batu angkasa yang jatuh? Ini kembali lagi sesuai kepercayaan anda masing-masing.

No comments:
Write komentar

Recommended Posts × +